ShoutMix chat widget

Sabtu, 22 Oktober 2011

Battery Laptop Biar Panjang Umur

Batre laptop cenderung menurun daya simpannya jika sering keluar masuk stop kontak. Bahkan setelah beberapa lama waktu terus-terusan dipake, batre laptop akan cepat nge-drop.
Bagaimanakah biar batre laptop lebih tahan lama dan panjang umur? Berikut adalah 15 cara mudah untuk melakukannya. 

1. Defrag secara teratur – Ketika hard drive anda bekerja dengan cepat maka selain berpengaruh terhadap hard drive juga berpengaruh terhadap kondisi batre. Agar hard drive selalu bekerja dengan efisien defraglah computer anda secara berkala.

2. Setting layar anda ke kondisi redup- Kebanyakan laptop mempunyai kemampuan untuk layar redup. Bahkan beberapa vendor penyedia menyediakan modifikasi CPU untuk cooling down. Ketika layar dalam kondisi redup, artinya batre tidak bekerja secara ekstra.

3. Kurangi program yang berjalan di Background - Itunes, Desktop Search, dll Semua ini menambah beban CPU dan batre. Matikan segala sesuatu yang tidak penting untuk anda gunakan.

4. Kurangi perangkat eksternal - perangkat USB (termasuk mouse anda) & WiFi menguras bawah baterai laptop Anda. Gunakanlah perangkat tambahan seperti itu seperlunya saja.

5. Tambahkan RAM – Dengan menambah RAM lebih besar pemrosesan akan lebih cepat, daripada hanya mengandalkan memory virtual saja.

6. Pilih menjalankan file lewat hard drive dibanding dari CD / DVD – Penggunaan pembukaan file dari CD / DVD lebih parah menghabiskan daya dibanding membuka file lewat hard drive. Untuk mensiasati hal tersebut instalkanlah aplikasi Virtual CD/DVD seperti Alcohol 120% atau Virtual Drive.

7. Jaga colokan tetap Bersih - Bersihkan logam kontak baterai Anda setiap beberapa bulan dengan kain yang dibasahi dengan alkohol. Hal ini membuat transfer daya dari baterai anda lebih efisien. 

8. Jaga baterai Anda -  Jangan biarkan baterai yang terisi aktif untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, Anda setidaknya harus menggunakan baterai setidaknya sekali setiap dua sampai tiga minggu. Juga, jangan biarkan baterai Li-On sepenuhnya kosong. 

9. Gunakan modus Hibernate - Selain jika laptop dalam modus siaga menghemat daya juga anda dapat segera melanjutkan pekerjaan yang tertinggal, dengan hibernate PC akan lebih aman dalam menyimpan pemakaian daya.


10. Jaga temperature laptop – Laptop anda akan beroperasi lebih efisien saat kondisi dingin. Bersihkan ventilasi udara Anda dengan kain atau pembersih keyboard secara berkala dan hati-hati.

11. Atur Power Option - Klik 'Power Options' di control panel windows dan atur dalam keadaan maksimal  (Pilih 'max baterai' untuk efek maksimum). 

12. Hindari multitasking – Lakukanlah apa yang penting saja saat menggunakan laptop, misalnya saat anda mengetik, anda juga memutar lagu MP3, browsing internet,  dan membuka program-program yang lainnya dalam waktu yang bersamaan itu akan membuat system lebih ekstra dalam bekerja dan menyebabkan batre lebih terkuras.

13. Bijak menggunakan Laptop – Pilih kegiatan secara prioritas. Kegiatan pasif seperti email dan word processing mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit daripada game atau memutar  DVD. Jika Anda punya satu baterai - pilih prioritas kegiatan dengan bijaksana. 

14. Pilih laptop dengan produsen ramah lingkungan (go green) – Ketika kita membeli laptop pertama kali pilihlah produsen pembuat laptop yang mengedapankan penggunaan daya rendah, ramah lingkungan untuk informasi itu memang sedikit susah namun dengan sedikit googling kita bias cari tahu laptop yang bagaimana yang harus kita pilih.

15. Cegah memori effect - Jika Anda menggunakan laptop yang sangat tua, anda harus mencegah dari 'efek memori' – jaga batre yang sehat dengan men-cas secara penuh dan pakai hingga kosong setidaknya sekali setiap dua sampai tiga minggu. Kecuali dengan baterai Li-Ion (yang kebanyakan laptop ini) tidak mempunyai memory effect.

Bonus Tip # 1: Matikan fungsi autosave. Fungsi autosave pada MS-Word dan Excel yang aktif terus mengambil daya dari batre, sehingga batre bekerja driver.

Bonus Tip # 2: Turunkan settingan layar. Gunakan resolusi yang rendah untuk menghemat penggunaan batre.


0 komentar: