ShoutMix chat widget

Minggu, 23 Oktober 2011

Membuat Ice Cream Sendiri

Berkreasi di dapur yuk…
Kita buat Ice Cream buat keluarga, terutama yang doyan banget makan Ice Cream. Untuk membuatnya gak susah-susah banget kok. Kita coba ya….


Resep Membuat Ice Cream

Bahan :
  • 500 ml Susu cair
  • 500 ml Whipped cream cair
  • 200 gr Gula Pasir (Bila tidak suka manis, kurangi takarannya)
  • 6 Kuning telur
  • Garam sedikit.


Isian :
  • 200 gr Dark Cooking Chocolate
  • Strawberry atau Kismis atau Chocochip secukupnya.


Cara Membuat :

  1. Panaskan whipped cream dan sebagian susu cair hingga pinggirnya agak berbusa. Kemudian matikan api.
  2. Aduk dengan garpu kuning telur dan sisa susu. Masukan ke adonan whipped cream dan susu yang tadi dihangatkan. Masukan garam. Masak kembali sambil diaduk hingga kental dan adonan menempel disendok kayu (sendok kayu di celup kecairan susu + whipped cream, lalu angkat kalau ada yang menempel dibelakang sendok artinya sudak bagus). Matikan api, aduk hingga uap pansa hilang.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian (tergantung akan dibuat menjadi berapa rasa).
  4. Untuk membuat Ice Cream rasa coklat, masukkan DCC yang sudah dipotong kecil-kecil kedalam adonan yang hangat tadi. Aduk hingga DCC mencair dan menyatu dengan adonan.
  5. Untuk Ice Cream rasa strawberry, blender lah strawberry kemudian masukan ke adonan yang sudah dingin.
  6. Bila telah siap dengan penambahan rasa, masukan adonan ke dalam freezer kurang lebih selama 2-3 jam (atau hingga pinggirnya keras), kemudian keluarkan dari freezer dan kocok dengan mixer hingga mengembang dan lembut. Masukkan lagi kedalam freezer selama 2 jam. Lakukan hingga 3 kali.
  7. Ice Cream siap dihidangkan.


Catatan :

  • Komposisi susu dan whipped cream tergantung persediaan yang anda miliki. Hal yang perlu diingat, satu resep jumlahnya 1 liter.
  • Jika ingin menambah kismis atau chocochip, masukan setelah pengocokan terakhir agar tidak hancur terkena mixer.
  • Dari adonan diatas, akan didapat sekitar 2 liter Ice Cream.


Keterangan Bahan :

1.       Whipped Cream Cair
Whipping cream seperti namanya adalah krim alias lemak susu yang khusus untuk dikocok. Jika dikocok krim ini akan mengental dan disebut whipped cream. Bentuknya cair, putih dan kental dan dikemas dalam karton tetrapak. Krim ini mengandung lemak susu sekitar 40% dan biasa dipakai untuk membuat dessert atau campuran bahan truffle dan saus cokelat. Bisa dibeli di pasar swalayan besar di bagian diary product atau toko bahan kue.
    Apa Itu Whipping Cream?

2.       DCC (Dark Cooking Coklat)
Dark Cooking Chocolate adalah salah satu jenis coklat yang digunakan dalam membuat kue. Bentuknya seperti coklat batangan, tersedia di TBK dan supermarket besar. Selain jenis Dark, ada pula jenis Milk cooking chocolate yang lebih manis dengan kadar susu lebih banyak, dan White cooking chocolate yang berwarna putih atau biasa disebut coklat putih.
 

3.       Kismis
Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Kismis sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya.



0 komentar: